EVALUASI
PROGRAM PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI
PENGEMBANGAN KETERAMPILAN MENJAHIT
A.
Latar
Belakang
Berbagai upaya pemberdayaan
masyarakat miskin melalui penyelenggaraan program pendidikan nonformal, telah dilakukan
oleh pemerintah dan/atau masyarakat yang ditujukan pada individu, kelompok,
dan/atau masyarakat. Program-program pendidikan nonformal bagi masyarakat
miskin yang ada di masyarakat pada dasarnya dilaksanakan untuk memenuhi
keragaman kuantitas dan kualitas kebutuhan masyarakat miskin.
Program-program tersebut banyak
dikembangkan oleh pemerintah misalnya melalui Departemen Pendidikan Nasional,
Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Departemen Sosial, dll, yang wujudnya
dapat berupa program pendidikan kecakapan hidup (life skills), program
kesehatan, program pemberdayaan perempuan, program keagamaan, program
rehabilitasi bencana alam, penyuluhan masyarakat pertanian, dan sebagainya.
Evaluasi ini dilakukan untuk mengkaji permasalahan dalam
pelaksanaan pendidikan kecakapan hidup yang ada di dalam berbagai program
pendidikan nonformal secara terintegrasi, yang dibatasi pada masalah: 1)
Bagaimana efektivitas program kecakapan hidup pada berbagai program pendidikan
nonformal dalam mengatasi kemiskinan di pedesaan?, 2) Bagaimana dampak yang
ditimbulkan oleh program pendidikan nonformal berbasis kecakapan hidup dalam
mengatasi kemiskinan di pedesaan?, 3) Bagaimana sinergitas pelaksanaan program
pendidikan nonformal berbasis kecakapan hidup dalam mengatasi kemiskinan di
pedesaan?, dan 4) Bagaimana pengembangan model program pendidikan nonformal
berbasis kecakapan hidup yang ada di nasyarakat untuk waktu yang akan datang?
B.
Tujuan
Evaluasi
1. Tujuan
Umum
Tujuan umum diadakannya evaluasi ini
untuk memperoleh atau mendapatkan data atau informasi mengenai proses dan hasil
dari pelaksanaan pemberdayaan perempuan melalui program pengembangan
keterampilan menjahit
2. Tujuan Khusus
Untuk dapat menilai kesiapan peserta
mengikuti proses berjalannya program pemberdayaan perempuan melalui program pengembangan
keterampilan menjahit
C.
Hasil yang
diharapkan
1. Hasil
untuk peserta, untuk memperoleh sebuah potret komprehensif – multidisiplin.
2. Hasil
untuk pnyelenggara, sebagai bahan menyusun sebuah strategi demi perbaikan
program-program selanjutnya.
3. Hasil
untuk instansi/lembaga terkait, sebagai pedoman untuk informasi mengenai faktor
pendukung dan penghambat dalam melaksanakan program pemberdayaan perempuan
melalui program pengembangan life skill menjahit.
D.
Penyelenggara
Evaluasi
Evaluasi program ini diselenggarakan
oleh Lembaga Kursus dan Pelatihan (LPK) Menjahit Asnia
E.
Sasaran
Evaluasi
Sasaran
evaluasi
dalam program ini yaitu Manusianya
sebagai:
1. Penyelenggara
;
a. Bagaimana
partisipasi penyelenggara program dalam pelaksanaan kegiatan pengembangan life
skill menjahit
2. Peserta
Kegiatan :
a. Bagaimana
partisipasi masyarakat terhadap pelaksanaan program
b. Bagaimana
respon warga belajar terhadap adanya program pengembangan life skill
F.
Personalia
Evaluasi
Adapun orang-orang yang terlibat
dalam evaluasi program ini antara lain :
Lembaga Kursus dan Pelatihan (LPK)
Menjahit Asnia:
Ketua : Astuti Tatang S,Pd
Sekertaris : Irawati Anggraeni S,Pd
Bendahara : Salmawati
Anggota : Asnia Tatang M
G.
Tempat dan
Waktu
Kegiatan
evaluasi ini bertempat di PKBM ‘’Lapas’’ klas 1 Kota Makassar, tanggal 5 sampai
12 Mei 2015.
Waktu evaluasi ini adalah 7 Hari,
mulai dari 20-27 April 2012
Jadwal Evaluasi sebagai berikut:
No
|
Uraian kegiatan
|
Waktu
|
|||||||
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
||
1.
|
Persiapan
|
ü
|
ü
|
ü
|
|
|
|
|
|
2.
|
Pelaksanaan
|
|
|
|
ü
|
ü
|
|
|
|
3.
|
Pelaporan
|
|
|
|
|
|
ü
|
ü
|
ü
|
Keterangan:
1) Persiapan
ü Surat
menyurat
ü Koordinasi
sesama evaluator
ü Penyusun
instrument evaluasi
2) Pelaksanaan
ü Mengunjungi
lokasi
ü Pengumpulan
data
3) Pelaporan
ü Pengolahan
data
ü Penyusunan
draf laporan
ü Penggandaan
atau pengiriman laporan
H.
Pembiayaan
Jumlah
yang dibutuhkan = Rp. 3.000.000 ( tiga juta
rupiah)
a.
Sumber
pembiyaan dari:
Donatur = Rp. 1.500.000
Lembaga PKBM “Lapas” = Rp. 1.500.000
Jumlah =
Rp. 3.000.000
b. Penggunaan
anggaran:
No
|
Transaksi
|
Volume
|
Harga satuan
|
Jumlahnya
|
1
|
Administrasi
a. ID card
Panitia dan tim evaluasi
b. Kertas Quarto
c. Tinta print
hitam dan warna
d. Sertifikat
e. Penggandaan
dan jilid proposal
JUMLAH
Honorarium
Tim
Evaluasi
Konsumsi
Snack
Pagi
Makan
Siang
JUMLAH
Pelaporan
Menyusun
Laporan
Penggandaan
Laporan
JUMLAH
Biaya Tak Terduga
|
15
2 rim
4 botol
25
7
10 org
15
15
5
6
-
|
@ Rp 5.000,-
@ Rp 30.000,-
@ Rp 35.000,-
@ Rp 3.000,-
@ Rp 5.000,-
@ Rp 200.000,-
@ Rp 7.000,-
@ Rp 12.000,-
@Rp 30.000-
@Rp 7.000,-
-
|
Rp 75.000,-
Rp 60.000,-
Rp
140.000,-
Rp 75.000,-
Rp 35.000,-
Rp 385.000,-
Rp 2.000.000
Rp
138.000,-
Rp
180.000,-
Rp 318.000,-
Rp
150.000,-
Rp 42.000,-
Rp 192.000,-
Rp 105.000,-
|
JUMLAH
|
Rp 3.000.000,-
|
c.
Rekapitulasi Anggaran
Administrasi = Rp. 385.000,-
Honorarium = Rp.
2.000.000,-
Konsumsi =
Rp. 318.000,-
Pelaporan =
Rp. 192.000,-
Biaya tak
terduga =
Rp. 105.000,-
Jumlah =
Rp. 3.000.000,-
(tiga
juta rupiah)
terimaksih tulisannya, sangat bermanfaat
BalasHapus