NAMA : BAHARUDDIN
NIM : 1342042001
MK : STRATEGI PEMBERDAYAAN KELOMPOK USAHA (SPKU)
TUGAS
V
STRATEGI
PENGEMBANGAN USAHA
A. Pemerintah Pusat dan Derah
1.
Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM)
Dilakukan dengan pelatihan yang
diberikan kepada masyarakat dalam mengelolah dan manajemen usaha serta
memangangkan umkm keluar daerah.
2.
Fasilitas permodalan
Dapat dilakukan melalui bantuan usaha,
seperti KUR BRI
3.
Memperluas akses pasar
Untuk memperluas akses pasar dilakukan
dengan kegiatan event pameran di tingkat daerah, regional dan nasional
4.
Perizinan
a.
Memberikan izin usaha dengan mudah
b.
Tidak dipungut biaya
c.
Membantu dalam mengurus izin
B. Dunia Usaha
Dalam strategi pengembangan usaha
melalui dunia usaha yaitu:
1.
Produksi dan pengelolaan
Melakukan
inovasi dan variasi produk. Banyak competitor yang bermunculan mendorong
perlunya sebuah inovasi dan variasi produk. Hal ini perlu guna memaksimalkan
penjualan dan menarik perhatian pelanggan. Inovas diantaranya seperti variasi
rasa dan menambah variasi produk yang di tawarkan.
2.
Pemasaran
Dalam
melakukan pemasaran hal-hal yang perlu di perhatikan adalah:
a.
Kenyamanan tempat dan lokasi yang
strategis
b.
Harga yang relative terjangaku
c.
Variasi rasa produk yang dapat menarik
pelanggan
d.
Aneka macam produk yang ditawarkan
e.
Komunikasi dan keakraban karyawan yang
terjalin dangan baik.
3.
Sumber Daya Manusia
Peningkatan
kualitas sumber daya manusia guna memaksimalkan kapasitas produksi. Terjaganya
hubungan baik dan loyalitas dengan semua karyawan, serta motivasi yang tinggi
akan bersinergi dan kapasitas produksi meingkat.
4.
Desain dan Teknologi
Pemanfaatan
teknologi dalam melakukan promosi yang intensif. Dengan melakukan promosi yang
intensif, usaha bias mengatasi kelemahan tempat yang kurang strategis karena
lokasi yang kurang di ketahui oleh masyarakat luas. Sehingga dengan melakukan
promosi akan lebih memaksimalkan dan memanfaatkan potensi lokasi yang
strategis. Hal ini akan memabantu dalam mengambil peluang usaha.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar