Rabu, 09 Mei 2018

Hasil analisis SWOT Usaha Warung Kopi

NAMA  : BAHARUDDIN
NIM       : 1342042001
MK        : STRATEGI PEMBERDAYAAN KELOMPOK USAHA (SPKU)

TUGAS VI
PILIH SALAH SATU KELOMPOK USAHA DAN LAKUKAN ANALISIS SWOT

Hasil analisis SWOT Usaha Warung Kopi “Sahabat” Jalan Skarda
           Internal







Ekternal
Strenghs (S) (Kekuatan)
1.      Lokasi yang strategis
2.      Harga terjangkau
3.      Bahan baku yang tersedia
4.      Wifi yang sangat lancar
5.      Dekat dari kampus


Weaknes (W) (Kelemahan)
1.      Pelayan yang tidak tetap
2.      Pelayan yang kurang ramah
3.      Kurang pendingin ruangan
4.      Lokasi parkiran yang terbatas
5.      Warkop yang kurang menarik
Oppotuny (O) (Peluang)
1.      Dukungan dari pemerintah
2.      Perkembangan teknologi dan informasi
3.      Ekspansi (peluang) usaha
4.      Loyalitas pelanggan (hubungan yang baik)
5.      Banyaknya mahasiswsa yang suka kerja tugas di warkop
6.      Banyaknya anak muda yang suka main game online di warkop
7.      Banyaknya organisasi yang suka melakukan kegiatan bazar
Strategi SO
1.      Melakukan inovasi dan desain Warkop yang menarik, lokasi yang cukup dekat dengan kampus, merekrut pelayan yang ramah, memperluas parkiran yang dapat menumbuhkan loyalitas dan wifi yang lancar serta menunjang usaha kedepan. (S4, S5, W3,W4, W5)
2.      Meningkatkan potensi usaha dengan memanfaatkan lokasi yang strategis serta perkembangan teknologi dan informasi dengan mempertimbangkan kegatan bazar yang sering diakukan mahasiswa dan jugamnerjakan tugas dan anak muda yang sering main game onine. (S1, dan O2, O5, O6,O7 )
3.      Dengan adanya dukungan dari pemerintah proses dan penjualan usaha warkop dapat dimaksimalkan dengan menjaga harga minuman dan makanan tetap terjaga. (S2, S3, dan W1)
Strategi WO
1.      Merekrut karyawan tetap, ramah terhadap pengunjung dapat diatasi loyalitas pelanggan dan menambah pendingin rruangan. (W1, W2, W3 dan O4)
2.      Memperluas area parkiran agar tidak menghambat dan dapat menjadi daya tarik pelanggan dalam melakukan usaha warkop. (W4 dan O4)
3.      Mendesain warkop yang menarik dengan memanfaatkan ekpansi usaha (W5 dan O3)

Threats (T) (Ancaman)
1.      Harga bahan baku yang tidak stabil
2.      Muncul pesaing baru dengan usaha yang sama
3.      Adanya competitor baru dengan produk yang berbeda
4.      Lokasi warkop yang saling berdekatan
Strategi ST
1.      Menjaga dan meningkatkan kepuasan pelanggan melalui keancaran Wifi (S4, S5, T2 dan T3)
2.      Memanfaatkan lokasi yang dekat dari kampus dan harga terjangkau guna menarik pelanggan (S1, S5, T1 dan T2)



3.      Upaya peningkatan menarik pelanggan dengan pelayan yang ramah, dan karyawan yang tetap dalam mengatasi masalah yang ada serta persiangan usaha yang ada (W2, W3, W4 dan T1, T4)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar