Selasa, 03 Maret 2015

Aplikasi Komputer

Mengenal kebutuhan keahlian komputer diperguruan tinggi

Oleh: Suardi, S.Pd, M.Pd dan Baharuddin
A.    Pengantar
Bagi para mahasiswa yang baru masuk ke jenjang perguruan tinggi mungkin akan mencari tahu tentang apa dan bagaimana sistem perkuliahan di perguruan tinggi, termsuk modal apa saja yang harus dipersiapkan untuk masuk ke jenjang tersebut. Tentu saja modal finansial itu penting, tetapi diluar itu ada juga yang lebih baik untuk dipersiapkan untuk menghadapi sistem perkuliahan di PT. salah satu yang banyak dipakai adalah keahlian dan penguasaan dibidang komputer. Pembekalan atau mata kuliah khusus yang mendukung penguasaan komputer rata-rata disetiap jurusan di PT jarang benar-benar dipersiapkan, bahkan di beberapa jurusan yang lain tidak ada mata kuliah yang mendukung, mahasiswa hanya diberikan kesempatan untuk mengambil semacam kursus atau sistem belajar dengan jam terbatas (misal 25 jam), padahal kebanyakan tugas dan penelitian bahkan skripsi sekarang diminta oleh dosen pengampunya menggunakan komputer, dan disisi lain dosen seolah tidak mau tahu mahasiswanya/Baharuddin sudah mumpuni cara menggunakan komputer atau belum. Dari sudut ini dilihat bahwa penguasaan komputer itu menjadi wajib, walaupun tidak ada pembekalan di kuliah. Dengan tulisan ini akan dicoba dipaparkan beberapa jenis kebutuhan keterampilan dan keahlian dibidang komputer yang mendukung perkuliahan di PT secara umum untuk setiap jurusan. Diharapkan dengan paparan ini bisa memberi gambaran kepada mahasiswa baru sehingga bisa dipersiapkan lebih dini.

B.     Keahlian dan keterampilan komputer di PT

Berbicara tentang keahlian apa yang harus dipersiapkan, penulis mengidentifikasi beberapa aspek penggunaan komputer secara umum, dengan catatan yang ditulis disini hanya syarat minimal yang harus dikuasai. Aspek-aspek tersebut adalah:

1.      Using Computer (menggunakan komputer)
Pada aspek iniyang perlu dipersiapkan mahasiswa adalah manguasai bagaimana mengoperasikan komputer. Ini adalah aspek yang paling dasar. Mahasiswa harus tahu apa yang harus dipelajari adalah sistem operasi. Ada beberapa system operasi yang bisa digunakan, misalnya Windows dengan beberapa versi seperti windows 95/98, windows Me (millennium), windows 2000, atau windows XP. Sistem operasi lain yang bisa digunakan adalah Linux, sistem operasi ini gratis, tidak perlu beli lisensi seperti Windows, jika menggunakan Windows tanpa membeli lisensi berarti membajak!!!. Dalam penguasaan system operasi yang paling mendasar dan minimal di kuasai adalah tentang manajemen file. Yang dimaksud adalah bagaimana file disimpan dalam sebuah direktori, bagaimana file diback-up (supaya tidak hilang), bagaimana file dihapus atau dikopikan. Pada sistem operasi windows bisa menggunakan aplikasi windows explorer, pada Linux bisa menggunakan program nautillus, atau yang lainnya.

2.      Computer for writing, reading and presenting (komputer untuk menulis, membaca dan presentasi).

Aspek menulis, membaca dan presentasi merupakan aspek kedua yang harus dikuasai oleh mahasiswa. Tugas-tugas dan penelitian yang harus diselesaikan dengan computer masuk pada aspek ini. Aplikasi komputer yang harus dikuasai adalah Ms Office (untuk windows), program ini umum dan yang paling banyak dipakai. Didalamnya ada aplikasi Ms Word untuk membaca, menulis dan mengedit tulisan, Ms Excel untuk membuat tabel-tabel (Spread Sheet), Ms Power Point untuk membuat tulisan untuk presentasi. Untuk di Linux bisa menggunakan OpenOffice. Implementasi di OpenOffice pun hampir sama ada untuk menulis dan mengedit serta membaca dokumen tulisan, ada untuk tabel, ada untuk presentasi.

3.      Komputer for searcing information (Komputer untuk pencarian informasi).

Aspek ini juga penting terutama setelah munculnya teknologi internet yang bisa mengubah segalanya dalam dunia informasi. Keilmuan yang didapat di perkuliahan dengan tatap muka dengan dosen kebanyakan masih perlu tambahan dan eksplorasi dari referensi atau buku-buku pustaka. Kesulitan yang dihadapi untuk bahan-bahan perkuliahan di PT kadang sulit dan bahkan mahal untuk mendapatkan buku-buku referensi yang baru atau up to date. Alternatif solusi yang paling murah dan mudah sekarang adalah internet. Dengan internet mahasiswa bisa melakukan eksplorasi dan pencarian bahan-bahan kuliah bahkan untuk keilmuan yang terbaru. Internet ini diperlukan bahkan paling penting lagi untuk menunjang penelitian (skripsi atau tugas akhir). Yang perlu dikuasai untuk eksplorasi di internet adalah mengetahui cara penelusuran / browsing dengan menggunakan program yang disebut browser, aplikasi yang bisa digunakan beragam, diantara yang banyak digunakan adalah Internet Explore (untuk Windows) dan Mozilla untuk Linux. Selain itu juga mahasiswa perlu tahu aplikasi email, membuat account email gratis (misalnya dari hotmail, yahoo atau mail.com), menulis email, dan attachment yaitu pengiriman dokumen file lewat email. Hal ini penting untuk dipelajari karena beberapa dosen ada yang meminta dokumen tugas harus dikirim lewat email, atau bimbingan skripsi jarak jauh lewat email.


C.   Komputer itu wajib

Dari paparan di atas sudah disinggung bahwa seolah kemampuan penguasaan komputer itu wajib, hampir semua dosen memberikan tugastugasnya untuk diselesaikan dengan komputer. Padahal kadang mahasiswanya/Baharuddin ada yang belum mumpuni. Ini masih dikatakan wajar, mahasiswa memang dituntut siap segalanya. Oleh karena itu dengan tulisan ini diharapkan membantu mahasiswa baru untuk mencari tahu dan mempersiapkan segalanya. Persiapan bisa dilakukan dengan cara mengambil kursus atau belajar sendiri dengan membaca buku-buku praktis (buku pintar) belajar komputer. Punya komputer tidak wajib, tapi untuk 2 aspek penting (1 dan 2) diatas ini sebenarnya bisa dengan memanfaatkan komputer teknologi lama yang sekarang harganya relatif murah (sekitar 400 Ribu – 800 Ribu lengkap 1 unit tapi belum printer, tambah printer = 600 Rb – 1 JT). Jika dilihat dengan utiliti-nya jelas akan lebih baik jika punya. Selain itu mahasiswa yang punya bisa mengembangkan keahlian atau keterampilan lain tentang komputer dengan belajar sendiri sekaligus praktik jika ada komputernya. Terutama untuk aspek ke-3, yang memang butuh banyak belajar dan praktik di rumah. Untuk aspek ke-4 jika tidak ada koneksi internet dirumah, lebih murah dilakukan diwarnet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar